5 Kebiasaan Mudah untuk Jaga Jantung Tetap Sehat

Jantung merupakan sumber kehidupan. Belakangan ini, penyakit jantung menjadi salah satu sumber kematian utama di seluruh dunia. Karenanya setiap orang sebetulnya mesti sadar benar bagaimana menjaga kesehatan jantung (cardiovascular) dan peredaran darah. Caranya pun sebetulnya sederhana saja. Setidaknya ada 5 hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap prima dan jantung sehat.

 1. Berhenti Merokok
Merokok sangat berkaitan dengan kanker paru, penyakit jantung, stroke, dan aneka penyakit kronis lainnya. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, terdapat setidak 250 bahan kimia berbahaya didalam rokok. Karena itu, berhenti merokok merupakan keputusan penting yang perlu diambil para perokok untuk mendukung jantung sehat.
2. Makan Sehat
Menurut laporan American Health Associations (AHA )setidaknya 70% orang Amerika yang menderita obesitas alias kelebihan berat badan. Gejala yang sama juga semakin meningkat di sebagian besar negara termasuk Indonesia. Berat badan berlebih membuat Anda lebih beresiko terhadap penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain-lain.
Untuk menjaga berat badan sehat dan seimbang, hindarilah makan berlebihan, cobalah menurunkan porsi makan secara bertahap, hindari karbohidrat (nasi, roti, mie, kue dan semacamnya) terutama di malam hari, kurangi konsumsi garam, dan selalu pilihlah snack yang sehat.
Seiring berjalannya waktu, Anda bisa terhindar dari gumpalan lemak yang tak perlu di badan Anda dan terhindar dari aneka penyakit, termasuk penyakit jantung.
3. Tambah Porsi Buah dan Sayur 
Dalam jurnal AHA tentang penyakit stroke dilaporkan bahwa menambah konsumsi buah dan sayur telah membantu mengurangi penyakit jantung di seluruh dunia. Alasannya sederhana saja. Konsumsi buah dan sayur memungkinkan kita mendapatkan nutrisi, vitamin, mineral dan serat.
Secara khusus, usahakan mengkonsumsi suplemen Reserve untuk mendukung langkah sehat Anda karena Reserve mengandung konsentrat tinggi buah-buah super pilihan, antioksidan dan kaya resveratrol yang sangat penting untuk jantung.
Dalam Reserve, Anda sekaligus mengkonsumsi: Blueberry, Dark cherry, Açai berry, Anggur, Delima, Resveratrol, Teh Hijau, lidah buaya, dan biji anggur yang baik untuk pemulihan dan stamina menyeluruh.
4. Aktif Bergerak
Dari laporan AHA disimpulkan bahwa aktivitas fisik sangat efektif mengontrol tekanan darah tetap sehat, menguatkan jantung, dan menurunkan tingkat stress. Bagi orang dewasa disarankan berolahraga ringan paling tidak 150 menit seminggu.
Bila Anda tidak siap untuk ikut marathon, lakukanlah jalan santai  setiap hari, bersepeda, renang, atau pilih aktivitas fisik yang Anda sukai.
5. Jangan abaikan gejala-gejala penyakit
Tubuh kita sebetulnya sering memperingatkan kita akan munculnya penyakit, ternasuk penyakit jantung. Gejala-gejala penyakit jantung biasanya adalah lemas/kelelahan, jantung berdebar, sesak napas, sakit di bagian dada dan sebagainya. Dengan cepat mengenali dan menyadari gejala-gejala ini, Anda dapat menyelamatkan nyawa sendiri dan mencegah penyakit bahkan kematian. Kenali gejalanya, dan bertindak!
Nah, dengan melaksanakan 5 kebiasaan kecil ini Anda dapat meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan jantung Anda. Peduli jantung, berarti peduli kehidupan Anda.
This entry was posted in Reserve and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s